Pemimpin merupakan orang yang memberikan contoh yang baik kepada Rakyatnya dalam segala demensi kehidupan. Pemimpin tidak hana berlaku untuk urusan-urusan dunia tapi untuk urusan akhirat juga lebih utama. Untuk itu seorang pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang mampu memimpin diri dan rakyatnya dalam menjalankan kehidupan dunia dan akhirat yang diridhai Allah. Dengan demikian Pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang mampu memimpin diri dan rakyatnya untuk menuju kehidupan yang lebih baik dunia dan akhirat.

Namun demikian saat ini pemimpin yang bijak tersebut sangat langka, dimana pemimpin menjadi pemimpin hanya didasarkan atas hawa nafsu belaka, sehingga dimana-mana terjadi kezaliman, ketidak adilan, semena-mena, korupsi, nepotisme, dan kejahatan-kejahatan besar lainnya, tanpa ada rasa takut atas balasan yang akan menimpanya di hari kemudian…..

Untuk itu itu rakyat mendambakan pemimpin yang bijak, pemimpin yang menegakkan keadilan, pemimpin yang mengayomi rakyatnya ke jalan yang benar, pemimpin yang mengajak rakyatnya untuk mencapai jalan kehidupan yang bahagia dunia dan akhirat.

Selanjutnya dapat dikatakan pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang memiliki beberapa ktriteria :

1. Taat menjalankan perintah agama

2. Taat kepada Undang-Undang

3. Berakhlak mulia

4. Jujur kepada rakyatnya

5. Berlaku adil

6. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

7. Memiliki kompetensi yang baik.

Semoga Nagan Raya dapat memiliki pemimpin yang bijak untuk keselamatan rakyat dunia dan akhirat. Hanya rakyat yang menentukan dan memilih pemimpin yang bijak. Semoga rakyat nagan masih memiliki hati nurani yang berani dan mengetahui memilih pemimpin yang bijak. Akhir hanya do’a yang bisa kita panjatkan agar Allah SWT menganugerahkan pada masyarakat Nagan Raya seorang Pemimpin yang Bijak. Amin……